TIPS Indonesia

Install Self Confidence (Kepercayaan Diri)

Install Self Confidence - tips-indonesia.com

Semua orang ingin mempunyai kepercayaan diri. Dimanapun orang akan bisa lebih mengeluarkan kemampuan aslinya jika lebih percaya diri. Kebalikannya kemampuan kita selalu tidak bisa keluar maksimal, terutama ketika berhadapan dengan orang lain. Entah kita malu, takut salah, atau berbagai perasaan lainnya yang menghambat penampilan kita.

Kebalikannya kemampuan kita selalu tidak bisa keluar maksimal, terutama ketika berhadapan dengan orang lain. Entah kita malu, takut salah, atau berbagai perasaan lainnya yang menghambat penampilan kita.

Tapi apa itu percaya diri? Apakah sekedar berbicara secara lantang?

Orang yang percaya diri adalah orang yang mempercayai apa yang menurut mereka itu benar, meskipun tidak popular. Berani mengambil resiko. Mengakui kesalahan dan belajar dari kesalahan tersebut. Bisa menerima pujian. Serta optimis.

Lalu bagaimana meningkatkan kepercayaan diri seperti kriteria di atas? Berikut ada beberapa tips untuk teman-teman yang bisa renungkan. Kemudian formulanya dicocokkan dengan pribadi/kebutuhan masing-masing.

1. Fokus terhadap pencapaian yang sudah diraih

Pertama-tama fokus terhadap pencapaian yang sudah kita dapatkan. Ini untuk meningkatkan perasaan kita, sehingga suasananya tidak selalu minder.

Buatlah daftar pencapaian-pencapaian yang sudah teman-teman capai. Kecil besar tidak masalah. Misalnya berhasil mendapatkan nilai bagus, atau berhasil membantu teman, atau berhasil menjual satu barang.

Masukkan ke dalam list. Dan ketika merasa down. Buka kembali daftar pencapaian tadi untuk mengingatkan bahwa kalian bisa mencapai sesuatu.

2. Fokus pada kelebihan

Semua orang mempunyai kekuatan dan talentanya sendiri-sendiri. Sehingga, mencari kelebihan Anda menjadi hal yang utama. Memiliki kelebihan dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

3. Buat beberapa Target

Buat beberapa daftar target atau kegiatan. Tidak perlu selalu goal yang besar. Beberapa target kecil juga bisa. Misalnya seperti memasak makan malam sendiri, olahraga pagi.

Proses menyelesaikan target-target kecil dapat membantu meringankan Anda ketika menghadapi target lainnya, yang secara tidak langsung meningkatkan percaya diri Anda.

4. Jadilah sahabat terbaik untuk diri sendiri

Akan susah percaya diri kalau Anda sendiri selalu mengomentari diri sendiri. “Kamu tidak bisa”, “Kamu belum cukup ahli”, “Pekerjaan kamu sia-saia saja”.

Coba bersikap seperti ketika berbicara dengan sahabatmu sendiri, tidak langsung judging tapi lebih supporting.

5. Cari hobi yang anda sukai

Efek memiliki hobi lain ini seperti poin 2. Tetapi hal ini tidak perlu menjadi kelebihan teman-teman. Cukup sesuatu yang disenangi. Ketika teman-teman mendalami sesuatu yang disenangi.

Passion dari kegiatan itu akan memotivasi teman-teman, dan membuat proses mempelajarinya menjadi lebih cepat dan menyenangkan.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu untuk membiasakan diri kalian agar lebih percaya diri. Saya yakin perkembangan yang konsisten meskipun itu lama, akan lebih signifikan dampaknya daripada perkembangan yang instan.

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu untuk membiasakan diri kalian agar lebih percaya diri. Saya yakin perkembangan yang konsisten meskipun itu lama, akan lebih signifikan dampaknya daripada perkembangan yang instan.

About The Author

admin

admin

Leave a Replay

Tentang Tips Indonesia

Tips Indonesia Adalah sebuah lembaga coaching, consulting, mentoring, dan training dalam bidang sumber daya manusia dan bisnis yang berdiri sejak 22 Oktober 1999.

News Update

Kegiatan Outbound

Klien TIPS

Tentang Psychology

Kegiatan Coaching

Training Karyawan

Kegiatan Rafting

Public Speaking

Seminar Motivasi