Pentingnya Body Language (tips-indonesia.com)

Pentingnya Body Language (tips-indonesia.com)

Body Language atau Bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi non-verbal yang kuat. Memberikan petunjuk penting tentang intensi, emosi, dan motivasi orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kita menyerap berbagai informasi dari orang lain.

Kita mengambil informasi tentang apa yang oran pikirkan atau rasakan melalui postur tubuh, tingkah laku, gerak tubuh mereka.

Sehingga bagaimana kita bisa mengartikan serta membahasakan bahasa tubuh tersebut akan membuat kita bisa berkomunikasi secara lebih efektif dengan orang lain.

Sains di Balik Bahasa Tubuh

Hanya sekitar 7 persen pesan bisa tersampaikan lewat kata-kata. Sisa 93 persen lainnya datang dari komunikasi/bahasa non-verbal, bahasa yang secara otomatis disampaikan tubuh kita.

Dalam Mehrabian Comunication Model, juga menjelaskan bahwa bahasa tubuh lebih penting dibandingkan nada suara dan pilihan kata yang pas, ketika mengomunikasikan perasaan asli.

Tetapi Mehrabian menekankan bahwa penelitiannya hanya berdasarkan komunikasi yang mencakup perasaan dan attitude. Jadi bukan teori yang bisa ditempatkan ke semua kasus.

Tetapi cukup menjelaskan kenapa sulit untuk berempati atau merasakan emosi ketika berkomunikasi dengan orang yang tidak kita lihat.

Baca: Meningkatkan Self Confidence

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.