TIPS Indonesia

Motivasi Intrinsik dan Ektrinsik untuk Meningkatkan Kinerja, TIPS INDONESIA

Training Indoor ESQ, Info Motivator Malang, Training Motivasi Jember, Trainer Motivasi Mahasiswa, Jasa Training Motivasi Jawa Timur.

HUBUNGI VIA WA, Training Indoor ESQ, Info Motivator Malang, Training Motivasi Jember, Trainer Motivasi Mahasiswa, Jasa Training Motivasi Jawa Timur.

Baca artikel tentang motivasi sebelumnya…

Motivasi intrinsik

Maksud dari motivasi intrinsik adalah faktor-faktor motivasi yang muncul di dalam diri sendiri. Sehingga ketika dia kinerjanya di tempat kerja bagus, hal tersebut disebabkan karena sejalan dengan keyakinan di dalam dirinya.

Keyakinan yang melekat dalam diri individu biasanya menjadi faktor motivasi yang paling kuat. Individu-individu seperti ini memiliki kualitas umum seperti menerima kritik, rasa ingin tahu, kebanggaan terhadap dirinya, dan keinginan untuk mencapai kesuksesan yang besar.

Pujian dapat meningkatkan motivasi intrinsik, begitu pula dengan feedback atau saran yang positif baik dari atasan maupun rekan kerja. Jadi jika Anda adalah seorang manajer, supervisor, atau memiliki peran kepemimpinan, berikan feedback atau pujian yang tulus. Pastikan juga masukan atau pujian tersebut dapat memberdayakan dan karyawan Anda memahami harapan yang Anda terhadap mereka.

Motivasi intrinsik lebih mengandalkan dorongan internal seseorang, seperti kepuasan pribadi atau fulfillment. Orang yang termotivasi secara intrinsik biasanya merasa puas dengan pekerjaan yang mereka lakukan karena mereka menemukan nilai dan kepuasan dalam usaha itu sendiri. Mereka cenderung lebih fokus dengan tugas itu sendiri daripada hadiah atau pengakuan eksternal.

Motivasi ekstrinsik

Lawan kata dari intrinsik, motivasi ekstrinsik dipicu oleh faktor eksternal, seperti imbalan dan pengakuan. Oleh karena itu, beberapa orang mungkin tidak akan termotivasi secara internal, dan hanya motivasi eksternal yang akan berhasil membuat mereka menyelesaikan tugas-tugas.

Lebih lanjut, penelitian mengatakan bahwa imbalan ekstrinsik kadang-kadang dapat mendorong keinginan seseorang untuk mempelajari keterampilan baru.

Motivasi ekstrinsik melibatkan faktor-faktor luar, seperti hadiah materi, pengakuan, atau tekanan dari orang lain. Individu yang cenderung termotivasi secara ekstrinsik mungkin bekerja keras karena ingin mendapatkan penghargaan, promosi, atau imbalan lainnya dari luar. Namun, risikonya adalah jika faktor eksternal ini hilang atau berkurang, motivasi untuk melakukan tugas tertentu juga dapat menurun.

Peran Manajer dan Pemimpin dalam Memotivasi

Di lingkungan kerja, manajer dan pemimpin perlu memahami perbedaan antara motivasi intrinsik dan ekstrinsik saat memotivasi tim. Pujian dan feedback yang positif dapat meningkatkan motivasi intrinsik dengan meningkatkan rasa pencapaian dan kepuasan pribadi. Di sisi lain, pemberian penghargaan ekstrinsik seperti bonus atau pengakuan publik dapat memotivasi orang dengan cara yang lebih eksternal.

Penting untuk menemukan keseimbangan antara kedua jenis motivasi ini dalam upaya mendorong kinerja yang baik di tempat kerja. Mengembangkan lingkungan di mana karyawan merasa dihargai, memiliki tujuan yang jelas, dan memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dapat merangsang motivasi intrinsik dan ekstrinsik secara bersamaan, menciptakan tim yang lebih produktif dan bersemangat.

Jika Anda tertarik mendalami lebih lanjut tentang strategi motivasi yang efektif, kami menyediakan pelatihan khusus yang dapat membantu Anda dan tim semakin termotivasi dan berdampak positif dalam lingkungan kerja.

Training Motivasi TIPS Indonesia

  • Jl. Rawamangun Muka Raya, No. 5, Rawamangun, Jakarta Timur.
  • Jl. Nginden Semolo No. 2, Sukolilo, Surabaya.
  • Perumahan Taman Landungsari Indah, No. N1, Malang

Hubungi sekarang untuk informasi lebih lanjut:
0858-5549-4440 (Arina)
0878-3615-2078 (Ibu Dini)
0858-4027-8033 (Ibu Olla)
0895-1481-0211 (Bapak Muchtar)
0857-5505-9965 (Bapak Zidan)

#trainingmotivasi #seminarmotivasi #motivasimahasiswa #motivasimahasiswabaru #motivasimahasiswatingkatakhir #trainingkampus #motivasikampus #motivasikampusmengajar #trainingmotivasikerja #trainingmotivasijawatimur #trainingmotivasiakademik #trainingmotivasibelajar #trainingmotivasicitacita #trainingmotivasidiri #trainingmotivasidisurabaya #trainingmotivasidepok #trainingmotivasidijakarta #trainingmotivasiemployeeengagement #trainingmotivasiformahasiswasukses #trainingmotivasigurusidoarjo #trainingmotivasihidup #trainingmotivasihypnoteachinghypnolearning #trainingmotivasiislam #trainingmotivasijember #trainingmotivasijombang

About The Author

admin

admin

Leave a Replay

Tentang Tips Indonesia

Tips Indonesia Adalah sebuah lembaga coaching, consulting, mentoring, dan training dalam bidang sumber daya manusia dan bisnis yang berdiri sejak 22 Oktober 1999.

News Update

Kegiatan Outbound

Klien TIPS

Tentang Psychology

Kegiatan Coaching

Training Karyawan

Kegiatan Rafting

Public Speaking

Seminar Motivasi