Training psikologi

Training guru

TRAINING MOTIVASI GURU

Pada tanggal 8 Agustus 2010  dalam sebuah training motivasi guru-guru di Situbondo Jatim ada sebuah pertanyaan dari peserta: “Adik saya tidak naik kelas, ayah saya merasa sangat malu, kami pun sekeluarga juga merasa malu, bagi keluarga kami hal tersebut merupakan sebuah aib jika tidak naik kelas, hingga adik saya ingin lari dari rumah karena merasa tertekan. Apa yang sebaiknya saya lakukan….?!”

Setiap orang pastinya tidak ingin dianggap tidak mampu, tertinggal, bodoh, dan sebagainya. Akan tetapi terkadang ada kondisi dimana ada yang memposisikan seseorang dalam keadaan di atas: tidak naik kelas atau tertinggal. Hal tersebut bisa karena standar yang terlalu tinggi di kelas atau sekolah  sehingga seseorang tidak naik kelas bukan karena dia bodoh atau tidak mampu,  bisa jadi karena kondisi keluarga yang kurang mendukung, isa jadi karena like and dislike guru dan wali murid pada siswa tersebut, atau karena kondisi si anak yang lagi labil, dan lain sebagainya.

TRAINING MOTIVASI GURU

Singkat kata, menganggap tidak naik kelas adalah aib hanyalah sebuah persepsi yang salah. Harusnya kita lebih bijaksana ketika mendapati seorang siswa yang tidak naik kelas. Harusnya kita beremphati dengan keadaannya, mengajarinya agar ikhlas dan lapang menerima keadaan, memotivasinya untuk bangkit berusaha lagi, dan membantunya untuk mencari solusi yang terbaik buat kedepannya.

Bisa jadi dia lebih mahir dalam ketrampilan daripada keilmuan sehingga bukan karena kebodohannya si anak tidak naik kelas. Sementara bagi siswa yang memiliki ketrampilan yang baik, di negeri ini sangat miskin penghargaan sehingga sangat jarang dihargai. Ketrampilan jauh lebih bisa menghidupi mereka dibanding pengetahuan ketika mereka menjalani kehidupan ini. Banyak pula yang nilai dan peringkatnya buruk dalam aplikasi di kehidupan ini namun nilai dan peringkatnya bagus di sekolah.

Jika penilaian prestasi siswa hanya dengan berdasarkan pengetahuan merupakan pembonsaian kepada pohon-pohon unggul penyelamat kehidupan, kami tidak bermaksud mengabaikan pentingnya ilmu pengetahuan. So, tidak naik atau tertinggal kelas merupakan aib…? Siapa bilang…?!

by TIPS Indonesia : lembaga training SDM dan Provider Outbound Malang.

Untuk konsultasi dan booking Training Motivasi Malang, Outbound Malang, Wisata Malang, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

http://tips-indonesia.com/guru-yang-tak-berguna
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *