Banyak orang yang tidak mengetahui potensi yang ada dalam dirinya. Terkadang orang menjalani kehidupan ini berdasarkan keinginan yang tidak mendasar. Pilihan hidup yang ditentukan pun tidak sesuai dengan potensi, minat dan bakat yang dimiliki. Sehingga tidak sedikit orang yang melalui kehidupannya dengan tidak maksimal. Bahkan cenderung menemui kegagalan.

Salah satu penyebabnya adalah tidak mengetahui potensi diri . Dampak dari itu semua adalah orang cenderung menyalahkan orang lain dan lingkungan karena kegagalannya. Namun mereka tidak sadar bahwa sesungguhnya kegagalan itu muncul karena ketidaktahuan tentang potensi dirinya.

Dalam praktek, misalnya siswa SMA akan yang memilih jurusan. Setidaknya ada tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu IPA, IPS atau Bahasa. Kebanyakan orang tua banyak menginginkan anaknya untuk masuk jurusan IPA. Meskipun anak tersebut tidak menginginkannya atau potensi anak bukan di jurusan IPA.

Contoh lainnya ketika anak akan melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Selalu jurusan-jurusan yang berhubungan dengan IPA yang kadang “dipaksakan” oleh orang tua. Misalnya kedokteran, teknik, dan lain-lain. Padahal semua jurusan itu sama bagusnya. Harusnya memilih jurusan disesuaikan dengan minat dan potensi anak. Bukan karena keinginan orang tua atau karena prestise semata.

Di dunia kerja, banyak orang yang bekerja setengah hati. Sehingga aktivitas pekerjaanya tidak maksimal. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satu penyebab yang paling menentukan adalah tidak sesuainya pekerjaan yang dilakukan dengan potensi diri. Potensi-potensi diri yang seharusnya bisa dikembangkan dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dan potensi diri akan menjadi redup dan padam ketika tidak diasah dan dikembangkan.

Oleh karena itu kami hadir untuk membantu Anda untuk mengenal diri sendiri demi memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri. Kami memiliki beberapa layanan psikologi, yang salah satunya bisa untuk mengetahui multiple intelligences.

Mengapa setiap orang perlu mengetahui Multiple Intelligences? Dalam pengertian yang kita kenal selama ini, intelegensi merupakan ukuran tunggal yang bisa diukur dengan alat test IQ sehingga pertanyaan yang muncul adalah, “seberapa pandaikah saya?”. Namun dari pengertian Multiple Intelligences, pertanyaan yang muncul adalah, “Bagaimana saya menjadi pandai?”. Pada dasarnya, setiap orang dilahirkan dengan sejumlah kecerdasan potensial yang siap dikembangkan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui perkembangan Multiple Intelligences, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dan memudahkan kita dalam menggapai cita-cita dan tujuan hidup kita.

Dengan mengetahui potensi diri maka Anda akan dengan mudah dan tepat merencanakan masa depan dengan baik. Multiple Intelligences merupakan indikator penting dan alat untuk menerima informasi baru sebagai pilihan gaya belajar, gaya bekerja, dan perilaku serta kekuatan alaminya. Tipe-tipe intelegensi yang dimiliki seseorang tidak hanya mengindikasikan sebuah kapasitas seseorang, tetapi juga bagaimana mereka memilih cara belajar dan mengembangkan kekuatannya, sekaligus meminimalkan kelemahannya.

Dengan mengetahui profil Multiple Intelligence , anda juga dapat menikmati hidup anda dan melakukan pekerjaan dan aktivitas anda dalam bidang yang anda kenali dan anda akan merasa “nyaman”. secara bertahap hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anda karena telah menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan baik sehingga hal ini akan berpengaruh positif bagi anda.

Mengacu pada konsep multiple intelligences , satu hal yang perlu kita ingat adalah, “kita semua pandai dalam cara yang berbeda”. Intelegensi bukanlah suatu kesatuan tunggal yang bisa diukur secara sederhana dengan test IQ. Intelegensi dapat ditingkatkan dan berkembang sepanjang sejarah hidup seseorang. Dr Gardner mendefinisikan intelegensi sebagai suatu kapasitas untuk memecahkan permasalahan atau membentuk produk yang bernilai dalam satu atau lebih latar budaya.

Tipe-tipe multiple intelligences dan kecenderungannya:

1. Linguistic Intelligences (kecerdasan Linguistik) adalah kapasitas menggunakan bahasa

untuk menyampaikan pikiran dan memahami perkataan orang lain, baik secara lisan maupun tertulis.

2. Logical-Matematical Intelligence (Kecerdasan Logika Matematika) adalah kapasitas untuk menggunakan angka, berpikir logis untuk menganalisa kasus atau permasalahan, dan melakukan perhitungan matematis.

3. Visual-spatial Intelligences (kecerdasan visual–spasial) adalah kapasitas untuk mengenali dan melakukan penggambaran atas objek atau pola yang diterima otak.

4. Bodily–Kinesthetic Intelligence ( Kecerdasan kinestetik) adalah kapasitas untuk melakukan koordinasi pergerakan seluruh anggota tubuh.

5. Musical Intelligence (Kecerdasan Musical) adalah kapasitas untuk mengenal suara dan menyusun komposisi irama dan nada.

6. Interpersonal Intelligences (Kecerdasan Interpersonal) adalah kapasitas untuk memahami maksud, motivasi, dan keinginan orang lain.

7. Intrapersonal Intelligences (Kecerdasan Intrapersonal) adalah kapasitas untuk memahami dan menilai motivasi dan perasaan diri sendiri.

8. Naturalist Intelligences (Kecerdasan Naturalis) adalah kapasitas untuk mengenali dan

mengelompokkan fitur tertentu di lingkungan fisik sekitarnya, seperti binatang, tumbuhan dan kondisi cuaca.

Dr Gardner menyatakan bahwa kecerdasan-kecerdasan tersebut tidak beroperasi secara sendiri-sendiri. Kecerdasan tersebut dapat digunakan pada satu waktu yang bersamaan dan cenderung saling melengkapi satu sama lain saat seseorang mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan permasalahannya. Hal ini termasuk juga bahwa kecerdasan-kecerdasan tersebut dapat digunakan untuk hal yang bersifat membangun atau merusak. Jadi hal ini tergantung bagaimana cara seseorang mengelola dan memanfaatkan kecerdasan-kecerdasan yang ada pada dirinya tersebut.

Harga test Multiple Intelligence ini sangat amat murah, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 15.000,-. Bagi Anda yang berminat untuk menjadi tim marketing atau membuka cabang silakan menghubungi kantor TIPS Indonesia. Salam sukses bersama.

Untuk konsultasi dan booking Training Motivasi, Outbound, Wisata, Travel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

 


Share

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

This Post Has 10 Comments

  1. imudj

    tulisannya sangat bagus, tapi adakah tes yang bisa digunkanan untuk mengetahui bakat seseorang/kecerdasan seseorang menonjol dibidang apa?

  2. admin

    betul……ini hanya alternatif pilihan……….bagi mereka yg tidak mau tes berlama-lama……maka tes sidik jari bisa jadi pilihan
    harga mulai 35 ribu – 300 ribu
    samalah dengan harga tes manual yg lain

    be positive sajalah
    semua ada plus minusnya kok

    selama ini alhamdulillah klien kami puasssssssssss

    salam damai n positif selalu

  3. admin

    Kalau test Multiple Intelligence manual (tulis) biayanya murah banget, cuma Rp 15.000,-
    Kalau test MI observasi biayanya bisa Rp 250.000,-
    Banyak metode yang bisa dipakai, dengan validitas dan reliabilitas yang bervariasi

  4. rina seftina

    cara kalau mau ikut nya gimana ? aku minat yang pake sidik jari .

  5. admin

    Hubungi Call Center kami di 0341-582 032 / 085855494440.

  6. dewi

    kalau sekarang apakah masih mulai 15ribu? sedang mencari lembaga yang mengadakan tes minat dan bakat yang terjangkau untuk anak2 pedesaan.. sy jg mengirim anda email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *