Stop Motion terdiri dari 2 buah kata, “Stop” yang artinya berhenti, dan “Motion” yang berarti gerakan. Jadi yang dimaksud Stop Motion (dalam dunia perfilm an sering disebut Claymation) adalah sebuah video yang terdiri dari kumpulan foto-foto yang digabung menjadi sebuah gerakan mirip animasi. Film animasi yang menggunakan teknik Stop Motion berbeda dengan film yang menggunakan Motion Capture, baik dari segi peralatam yang dipakai Motion Capture menggunakan banyak peralatan yang canggih, komputer dengan spesifikasi yang tinggi, dan animator berpengalaman. Sedangkan teknik Stop Motion menggunakan kumpulan foto-foto yang membentuk sebuah gerakan. Gerakan-gerakan tersebut kemudian direkam menjadi frame-frame dan dirangkai untuk setiap gerakan-gerakannya sehingga menjadi sebuah animasi.

Dalam dunia animasi, Stop Motion sering disebut dengan ClayMation, karena pembuatan karakter-karakter dalam teknik ini menggunakan Clay (tanah liat). Banyak film serial televisi yang menggunakan teknik Stop Motion ini, diantaranya Shaun The Sheep, Frankenweenie,  dan Coraline . Sutradara terkenal Hollywood, Tim Burton, adalah salah seorang sineas yang sering menggunakan film animasi Claymation. Tema yang diangkat biasanya bertemakan Gothic dengan efek-efek gelap dan sunyi. Beberapa film terbaiknya diantara lain Corpse Bride dan The Nightmare before Christmas.

Proses Pembuatan Animasi Stop Motion, www.tips-indonesia.com. 081803838630

Teknik Stop Motion ini tak hanya digunakan dalam proses pembuatan film saja. Namun bisa juga digunakan dalam bidang Video Editing, terutama bagi seorang freelance yang mempunyai ide-ide unik & kreatif. Dalam dunia usaha, Video Stop Motion banyak digunakan sebagai kado ulang tahun, Surprise Gift, kado pernikahan, dan banyak lagi.

Proses pembuatan Stop Motion diantaranya:

1. Konsep.
Menentukan tema dan ide cerita adalah hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan Stop Motion. Tema cerita yang sudah matang kemudian ditulis di coretan buku agar tidak lupa.

2. Storyboard.
Setelah rundown (susunan cerita) terbentuk rapi, langkah selanjutnya yakni membuat Storyboard (papan cerita). Gambar tak harus bagus, yang penting jelas urutan ceritanya. Storyboard ini digunakan sebagai panduan saat proses produksi.

3. Persiapan.
Konsep dan Storyboard sudah tersusun. Langkah selanjutnya yakni mempersiapkan bahan yang akan dibuat Stop Motion, diantaranya kertas, foto-foto, buku, kamera, tripod, dan komputer. Background yang digunakan untuk membuat Stop Motion bisa di meja atau di tembok (ditempel), tergantung tema cerita.

Kumpulan foto – foto beruntun disusun membentuk sebuah cerita, kemudian  digabung menjadi satu + penambahan backsound yang mendukung tema cerita.

4. Produksi.
Setelah semua sudah terkonsep, maka dimulailah proses Produksi. Setiap foto digerakkan sehingga menjadi sebuah video yang unik dan kreatif. Proses memotret biasanya menghabiskan sekitar 100 foto / lebih, tergantung kerumitan dan tema cerita yang dibuat. Setelah proses memotret selesai, langkah selanjutnya yakni proses editing. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit hasil Stop Motion, diantaranya Windows Movie Maker dan Adobe Flash.

Proses Pembuatan Stop Motion, www.tips-indonesia.com, 085755187749

BroaDesign Creative Studio melayani jasa Stop Motion dengan berbagai tema. Bagi Anda yang ingin memberi kado untuk teman, pacar, atau orang terdekat, atau mungkin ingin menyatakan cinta, sangat pas jika memberi video Stop Motion ini. Dengan harga yang terjangkau serta hasil video yang unik dan kreatif, BroaDesign akan memberikan kepuasan bagi Anda. Karena komitmen yang kami berikan adalah memberikan hasil desain yang sesuai dengan kebutuhan klien dengan pelayanan yang baik.

Selain Stop Motion, kami juga melayani jasa di bidang Video Editing: (Family Gathering, Outbound Training, Wedding, Birthday Party), Company Profile, Photo SlideShow, dan Desain Grafis: (Media Advertising Banner, X-Banner, Brosur, Card Name, Calendar, Poster, etc), Photo Editing & Manipulation, Desain Kaos, Vector and Illsutration, Digital Painting and Coluring, dll.

Untuk memesan jasa kami, bisa mendatangi Office kami di Jl. Bhima Sakti 16 Malang (barat UNISMA Dinoyo), atau lewat telepon dan sms di:

1. Telp. 0341 97223352. Mobile: 085755187749
3. editingphotovideo.blogspot.com

 

Untuk konsultasi Training Motivasi Di Malang, Outbound di Malang, Paintball di Malang, Rental Mobil diMalang, Wisata Malang, Rafting di Songa, Rafting Kasembon, Rafting Pacet, Rafting Kaliwatu, Rafting Batu Alam, Travel di Malang dan Hotel di Malang Jawa Timur yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

1. Jl. Jati Murni Dalam No 26 Pejaten Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Mobile: 081 334 664 876

2. Deltasari Indah Blok : AY No.27 , Surabaya

Mobile: 081 803 838 630

3. Jl.Bhima Sakti 16 Malang

No. Telp. : (0341) 582 032 / (0341) 5425754

Mobile: 085 755 059 965

Pin BB: 22D90C87

Email dan YM: tips_indonesia2020@yahoo.co.id

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

This Post Has 2 Comments

  1. jasa pembuatan website di bali

    I believe this is one of the so much vital information for me.
    And i’m satisfied reading your article. But want to observation on some normal things, The site style is ideal, the articles is in point
    of fact nice : D. Excellent process, cheers

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *