“Kenapa setiap melamar lowongan pekerjaan saya selalu gagal?” tanya salah seorang klien kami. Sebenarnya ketika seseorang melamar suatu posisi pekerjaan ada beberapa hal yang harus dia perhatikan:

1. Lowongan pekerjaan tersebut membutuhkan soft skill dan hard skill seperti apa? Anda tidak perlu melamar sebuah peluang kerja yang tidak sesuai dengan hard skill yang Anda punya. Misalnya ketika yang dibutuhkan adalah keahlian dalam software komputer, sedangkan Anda hanya mahir di hardware maka sebaiknya Anda tidak mendaftar pada lowongan pekerjaan tersebut.

2. Siapkan ketrampilan lain yang mendukung, seperti bahasa asing, personality, leadership, komunikasi, teamwork dan lain-lain. Saat ini perusahaan/instansi lebih memilih pelamar yang mempunyai banyak kemampuan daripada hanya sedikit kemampuan, karena berkaitan dengan promotion, replacement dan berbagai kebutuhan job analysis yang lain. Maka sebelum mengirimkan CV ke sebuah lowongan pekerjaan sebaiknya anda mengupgrade diri anda terlebih dahulu.

3. Lowongan Pekerjaan biasanya dimunculkan karena sebuah instansi mau mencari tim baru atau mengganti tim lama yang sudah keluar karena alasan pensiun atau dikeluarkan karena kurang qualified. Maka anda harus betul-betul memiliki “nilai jual” yang tinggi. Kalau anda biasa-biasa saja, maka besar kemungkinannya anda tidak diterima. Jika memungkinkan carilah informasi dari orang dalam tentang posisi yang ditawarkan kepada anda, kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan dan tunjukkan kualifikasi tersebut ketika anda diinterview.

4. Hati-hati dengan jebakan tim psikologi. Dalam setiap lowongan pekerjaan yang ada, sebuah instansi selalu melibatkan tim psikologi. Nah, anda harus belajar ‘menjadi orang baik’ jauh-jauh hari. Karena jika anda berpura-pura baik di depan tim psikologi, padahal anda sebenarnya buruk, maka tim psikologi bisa membaca anda.

Selamat mencari lowongan pekerjaan. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia training dan konsultasi psikologi, outbound, management dan education silakan kirimkan CV ke email TIPS Indonesia. Salam sukses dunia dan akhirat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

This Post Has 2 Comments

  1. zaki

    menarik untuk point yang nomer 4

    kira2 jebakan seperti apa ya? yang biasanya diterapkan oleh tim psikologi perusahaan….

  2. admin

    ada pertanyaan2 yang menjadi rahasia orang psikologi. pertanyaan tersebut disampaikan dengan bahasa yg santai dan mengalir begitu saja. bagi anda yang terhanyut, maka akan ketahuan bagaimana anda yang sebenarnya. misalnya pertanyaan tentang memaknai suatu gambar…..

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *