18 Desember 2012

Para siswa ataupun mahasiswa pastinya ingin lulus ujian dan memperoleh nilai yang baik di setiap jenjang pendidikannya. Semua ditentukan pada nilai dan sikap perilaku kita di sekolah atau kampus. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi belajar para pelajar dan mahasiswa . Karena terkadang setiap mahasiswa dan pelajar memiliki cara tersendiri dalam mengatasi meningkatkan konsentrasi belajar :

  1. Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas

Bila ada PR sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pada saat kegiatan belajar berlangsung. Selanjutnya identifikasi hal-hal yang harus dilakukan dan melaksanakannya agar tidak ada beban seperti cuci baju, bayar rekening listrik, dan lain-lain.

  1. Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan

Untuk menyemangati belajar, harus sedikit berandai-andai, yakni kalau sudah besar nanti akan sukses, penghasilan besar, dan lain-lain. Dengan demikian maka terpacu untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan. Bayangkan orang lain juga yang sayang kepada kita seperti ayah, ibu, adik, saudara, dan lain-lain ikut senang kalau kita jadi orang sukses. Sebaliknya kalau jadi orang bodoh maka kemungkinan untuk jadi orang susah semakin besar.

  1. Jangan Terlalu Capek

Usahakan tidak membuat jadwal belajar dengan aktivitas fisik berlebih seperti olahraga, main seharian dan lain-lain. kalau sudah terlanjur capek maka belajar sebentar pun sudah bisa membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang atau sore selanjutnya bangun tidur langsung belajar yang serius.

  1. Posisi Belajar Yang Pas

Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, sambil jalan-jalan, sambil nonton tv, sambil ngobrol, sambil jongkok, dan lain sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah atau kampus. Jangan belajar sambil menghibur diri yang mengganggu seperti sambil main video game, main komputer, nonton televisi, sambil baca komik, dan sebagainya.

  1. Makanan dan Minuman Pendamping

Menyediakan snack ringan yang biasa-biasa saja sekedar untuk isi perut dan menghilangkan haus saja. Contohnya seperti singkong rebus sama teh tawar. Ketika lapar dan haus mendera kita akan dengan mudah untuk melenyapkannya.

  1. Tempat Yang Tenang Tanpa Pengganggu Konsentrasi

Hindari lokasi belajar yang berisik yang mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Bila perlu menyendirilah di kamar tanpa suara apapun. Beritahu orang-orang di rumah kalau kamu sedang belajar dan mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang. Tutup jendela dan pintu juga agar bila ada sesuatu yang lewat atau bergerak kita tidak terpancing untuk melihatnya.

  1. Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat

Terkadang ada orang yang pelajaran bisa masuk ke otak jika sambil mendengarkan musik, sambil menyanyi, sambil keliling-keliling, sambil corat-coret kertas, dan lain-lain.

  1. Strategi Menghapal Materi Pelajaran

Jika kesulitan menghapal dan memahami pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti dan dapat dilihat dibaca kembali jika ada yang lupa. Bisa membuat hubungan gambar-gambar yang mewakili point-poin pelajaran. Bisa juga merekam suara kita saat membaca materi pelajaran untuk didengar kembali. Bisa juga pertanyaan-pertanyaan tertentu yang atas materi yang telah dipelajari, dan lain-lain.

  1. Istirahat Bila Lelah

Jangan dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit seperti pusing vertigo, demam, badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran yang sudah dihapal pun mungkin saja bisa terlupakan.

Info Pendaftaran Les Privat:
Jl. Bhima Sakti No.16 Malang
(lokasi kantor di daerah Dinoyo)
0341-5425754, 085755059965, 085790712648

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *