20 November 2012

Saudara yang budiman.. adakah diantara kalian yang sedang menempuh sekolah kelas XII.. ?

Sadar atau tidak sadar, sebentar lagi saudara akan menempuh yang namanya UN dan SNMPTN. Disinilah saudara akan mulai berpikir apa saja yang perlu saudara persiapkan. Terkadang kegelisahan, cemas, ketakutan, perasaan menduga-duga ,“mampukah saya mengerjakannya ?“ aka muncul dari lubuk hati yang paling dalam.

UN dan SNMPTN akan segera tiba. Mau atau tidak mau, saudara akan menghadapi dan melewatinya. Sehingga jangan menyesali ketika misalnya tidak serius berpikir dan konsentrasi saat guru-guru mengajar. Memulai aktivitas dengan mengurangi hal-hal yang kurang berguna seperti bermain-main, main ke mall, bermain game, atau aktivitas yang merugikan.

Mulai dari sini kita memulainya, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan untuk memecahkan rekor kesuksesan :

Persiapkan Mental.

Saudara harus optimis 100% !!! Bahwa saudara bisa. Semua akan baik-baik saja. Hilangkan dari perkataan dan pikiran untuk mengatakan “tidak bisa”, “susah” atau sejenisnya maka secara tidak sadar saudara telah berkomunikasi dengan otak saudara. Saudara telah memerintahkan otak untuk tidak mengerti atau menuruti kehendak negatif saudara.

Ikhtiar dan Maju.

Saudara harus berusaha dan terus berusaha, tidak terhenti di titik keritis dan menghalau kemalasan. Saudara tidak boleh menunda untuk belajar atau menunda untuk mengerti karena menunda sama artinya dengan “gagal”, dan ikhtiar di sini maksudnya adalah saudara mencari sebisa mungkin berita-berita seputar tes tersebut.

Olahraga dan Makan.

“huh, apa maksudnya?” mungkin yang satu ini sering dijumpai bagi diri pribadi maupun teman-teman saya. Tanpa adanya kesehatan atau tubuh yang fit bagaimanapun juga pasti tidak akan bisa belajar dengan penuh konsentrasi dan efesiensi tinggi. Olahraga dan makan yang teratur kita bisa hidup sehat dan belajar dengan maksimum.

Tinggalkan Hal-hal yang Tidak Perlu.

Saudara harus mulai menambah waktu belajar dengan mengurangi hal-hal yang tdak perlu seperti menontin TV, Game, bahkan Pacaran.

Orang Tua dan Kerabat.

Jika saudara ingin benar-benar lulus, dekatilah orang tua saudara mintalah kepada mereka restu dan doa dalam menghadapi tes-tes yang akan akan dihadapi, karena doa orang tua terhadap anak itu benar2 ajaib, canggih, dan super. Untuk kerabat, sudah saatnya saudara mendekati “mereka” yang sudah rajin, karena jelek-jeleknya saudara akan tertular kebiasaan positif mereka.

Sikap.

Yang dimaksud sikap di sini adalah sikap saudara, apakah saudara serius atau tidak? yang terpenting dari semua tips ini saudara melakukan semuanya secara berkala dan konsisten. Dengan cara seperti ini, saudara sudah melangkah membangun mental juara.

Doa.

Sekeras apapun usaha kita jika Allah tidak menghendaki, kita tidak akan pernah bisa. Jadi mulai saat ini marilah kita perbanyak doa dan ibadah kepada Sang Pemilik Alam ini, memohon agar diberi kemudahan dan kelancaran. Memohon agar senantiasa diberi kesehatan.

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

This Post Has One Comment

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *