Prof. Dr. Arief Rachman, M. Pd.

Sebagai seorang praktisi pendidikan, saya sangat bahagia dan besyukur kepada Allah Awt. Karena saat ini, perhatian terhadap peningkatan kualitas pendidikan semakin tinggi. Orang-orang semakin mampu melihat peluang dan menjawab segala permaslahan maupun tantangan dalam bidang pendidikan dengan solusi konkret dan pandangan yang sangat positif.

Ifa Hanifah Misbach dan Andrian Benny Hidayat termasuk di antara orang-orang yang sungguh-sungguh memberi perhatian terhadap hal itu. Mereka melihat peluang dari sudut pandang yang sangat spesifik sesuai dengan keahlian mereka, yaitu psikologi dan IT fingerprint Analysis. Hal itu tidak hanya memperkaya literature pendidikan di tanah air, tetapi juga memberikan sudut pandang baru bagi orangtua dan sekolah sehingga merasa lebih yakin bahwa setiap anak, setiap individu, memiliki potensi yang dapat diketahui melalui Analisis Sidik Jari.

Dalam buku DAHSYATNYA SIDIK JARI, kedua penulis mencantumkan pernyataan: "Tidak ada dua sidik jari yang sama di muka bumi ini". Hal itu sama artinya dengan mengatakan bahwa setiap orang di dunia ini berbeda. Dengan demikian, mereka juga memiliki potensi yang berbeda, yang unik satu dengan lainnya, yang perlu dihargai.

Saya pikir buku DAHSYATNYA SIDIK JARI ini menjadi pelengkap, pendukung, sekaligus penyempurna pemikiran bahwa setiap orang/anak memiliki Ragam Potensi Kecerdasan yang berbeda, baik potensi spiritual, potensi perasaan, potensi akal, potensi sosial, maupun potensi jasmani. Bahkan, Howard Garner menemukan delapan kemampuan otak yang berkaitan dengan spesifikasi struktur kecerdasan dan bakat seseorang. Pemikiran ini meluruskan pandangan keliru ditentukan oleh IQ seseorang yang diukur hanya dengan angka sehingga melahirkan istilah "anak pintar dan anak bodoh".

Saya yakin, buku DAHSYATNYA SIDIK JARI ini akan menjadi rujukan penting tidak hanya bagi para psikolog, guru, penyelenggara pendidikan, tetapi juga bagi para orangtua yang kelak akan melihat setiap anak dengan pandangan baru yang begitu luar biasa. Analisis sidik jari juga dapat digunakan untuk kepentingan pendidikan, terutama untuk mengarahkan bakat dan minat setiap anak sehingga tidak terbuang secara percuma, hanya karena kita tidak mengetahuinya. Jean Houston mengatakan, "Berapa banyak pemikir dan jiwa kreatif yang disia-siakan, berapa banyak kekuatan otak yang terbuang percuma karena pandangan kuno dan picik kita tentang otak dan pendidikan."

Jika selama ini sidik jari hanya digunakan untuk melengkapi identitas, kepentingan kepolisian, dan sebagai penanda kehadiran seseorang, setelah membaca buku ini, sidik jari dapat digunakan setiap anak akan mendapatkan hak sesuai dengan kecenderungan yang mereka miliki. Jangan paksa anak melukis, padahal ia senang menari. Mengetahui potensi anak sejak dini merupakan sebuah keharusan agar anak mendapat perlakuan yang berbeda dan khusus. Teori sidik jari ini perlu dikaji secara terus-menerus.

Analisis sidik jari ini juga dapat digunakan oleh lembaga-lembaga Penguji Bakat Minat Anak sehingga hasilnya lebih akurat. Pada salah satu bagian buku ini, ada pembahasan mengenai skill development dan reference activities yang menegaskan bahwa semua potensi bakat harus dikembangkan dengan aktivitas yang sesuai.

Terakhir, saya ingin menegaskan kembali bahwa buku yang berjudul DAHSYATNYA SIDIK JARI: Menguak Bakat & Potensi untuk Merancang Masa Depan Melalui Fingerprint Analysis ini semakin membuka pikiran kita bahwa setiap anak dilahirkan dengan kecerdasan dan potensinya masing-masing. Sekolah, guru, dan orangtua wajib membaca buku ini sehingga akan lahir generasi berbakat, kreatif, dan istimewa.

Ucapan terima ksaih dan penghargaan setinggi-tingginya saya berikan kepada dua penulis yang telah memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di indonesia melalui buku yang cukup menarik ini.

Jakarta, Juni 2012

Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.

Untuk pemesanan rafting di Songa Rafting Probolinggo, Kasembon Rafting Malang, KaliWatu Rafting Batu, Batu Alam Rafting, Pacet Rafting, Kediri Rafting dan Rafting di Jatim SILAHKAN MENGHUBUNGI KAMI.

Untuk konsultasi dan booking Training Motivasi di Malang, Outbound di Malang, Wisata di Malang, Travel di Malang dan Hotel di Malang yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 085 311 091 054 / 081 334 664 876

SURABAYA

Jl. Purwodadi 2 No. 54B Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

Facebook  : http://www.facebook.com/tessidikjari

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *