12 Desember 2012

 

Bahasa Inggris… WOWW..OSERAMM…

Bahasa Inggris terasa sulit bukan main. Mulai kita lulus SD sampai dengan SMA, bahkan kuliah.. menyusun kalimat bahasa Inggris terkadang kita masih belepotan. Berkomunikasi dengan bahasa Inggris saja, kita masih kesulitan.

Adapun kiat-kiat belajar bahasa inggris dengan baik dan benar, yaitu sebagai beikut :

  1. Menyukai Bahasa Inggris

Sebelum saudara mempelajari Bahasa Inggris, terlebih dahulu saudara perlu menyenangi Bahasa Internasional ini. Layaknya saudara senang dan sayang sama teman. Jika di dalam hati kita sudah tertanam rasa senang, maka itu modal dasar bagi saudara untuk memudahkan belajar Bahasa Inggris.

  1. Mengenal Vocabulary umum

Sebelum menguasai komunikasi dan tata bahasa inggris, maka saudara harus memiliki perbendaharaan kata/ vocabulary yang biasa digunakan setiap hari dalam percakapan. Di sini saudara mengenal dan menguasai sedikit vocabulary untuk membantu memperlancar kita.

  1. Mengenal tata bahasa Inggris sederhana

Grammar dalam Bahasa Inggris mungkin sulit untuk menguasainya secara sempurna. Namun sebenarnya tidak harus pusing mempelajari tata bahasa /grammar bahasa inggris lebih mendetail. Yang penting pemahaman dasar tentang grammar Bahasa Inggris itu menjadi modal mengembangkan kemampuan bahasa inggris di level yang lebih tinggi. Contoh grammar sederhana yang dapat kita pelajari adalah mengenai noun, verb, to be, adjective.

  1. Membiasakan diri melafalkan kata dan kalimat Bahasa Inggris

Sebagian besar dari kita malu dan tidak PD jika disuruh mengucapkan kalimat dalam bahasa inggris. Disinilah hambatannya, jika saudara malu pada orang lain maka silahkan saudara mulai dengan mengucapkan kata-kata sebisanya di kamar saudara dengan menghadap ke cermin. Anggap bayangan di cermin adalah orang lain yang sedang bercakap dengan saudara. Bayangkan bahwa anda sedang berkomunikasi dengan native speaker,seperti Christian Ronaldo, Justin Bieber, Obama dan lainnya. Mungkin ini terdengar gila, tetapi sangat membantu saudara untuk PD dan all out berbicara dalam Bahasa Inggris.

  1. Suka membaca bacaan/teks dalam Bahasa Inggris

Misalnya menyukai buku-buku, buku cerita tulisan, cerpen, novel, komik, majalah, surat kabar, dan lainnya dalam Bahasa Inggris. Kebiasaan ini membuat saudara familiar dan dapat mengerti dan menikmati cerita/isi/pesan teks tadi. Selain itu dapat menemukan vocab baru sehingga bertambahlah perbendaharaan Bahasa Inggris saudara.

  1. Membiasakan diri berkomunikasi dan melakukan percakapan

Bahasa tidak akan ada artinya manakala tidak dipraktekkan, manakala tidak diaplikasikan dalam percapakan kita sehari-hari. Bahasa akan cepat berkembang apabila kita menggunakannya. Manfaatkan sewaktu anda bepergian dan berwisata di tempat yang terdapat turis asing, maka ajaklah mereka untuk berkomunikasi dengan kita dengan cara yang sopan tentunya. Intinya bahasa akan cepat mengena dan berkembang ketika kita terbiasa menggunakannya.

  1. Mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris

Salah satu media yang cukup efektif supaya cepat menguasai Bahasa Inggris adalah dengan saudara membiasakan diri dan menyukai lagu-lagu dalam Bahasa Inggris. Setelah saudara mendengar diharapkan kita juga bisa menyanyikannya. Selain saudara merasa senang dengan lagunya saudara juga secara tidak langsung belajar mengasah listening dan speaking saudara. Sehingga kemampuan Bahasa Inggris saudara akan bertambah. Kuncinya senang dengan lagu-lagu Bahasa Inggris.

  1. Membiasakan diri menonton film dan video luar negeri

Film dan video luar negeri sangat menarik untuk ditonton. Kenapa tidak memanfaatkannya juga untuk belajar Bahasa Inggris. Bukankah ini cara yang bagus juga supaya Bahasa Inggris juga berkembang. Dari sini bisa belajar mengenal ungkapan dan kalimat baik baku maupun tidak baku yang di ucapkan actor dan aktris luar negeri, ungkapan dari penutur asli atau native speaker. Ini juga bisa membantu listening dan speaking saudara.

  1. Manfaatkan Internet

Salah satu situs yang cukup membantu dan bermanfaat bagi saudara adalah youtube. Di situs ini saudara bisa mengetikkan kata kunci untuk melihat dan mendengar baik orang luar maupun dalam negeri yang berbicara dalam Bahasa Inggris. Saudara dapat mendengarkan percakapan Bill Gates. Anda dapat mendownloadnya, artikel juga bisa, game pembelajaran bahsa inggris juga bisa. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris saudara.

  1. Temukan vocabulary baru setiap hari meskipun hanya satu vocab

Suatu ketika saudara mungkin di jalan menemukan kemasan yang ada petunjuknya dalam bahasa Inggris saudara bisa belajar dari situ. Ini dapat membantu saudara supaya lebih paham dan dapat menggunakan kata tadi. Selain cara tadi saudara juga mungkin lewat film lewat apa saja jika menjumpai kata asing silahkan saudara temukan dan gunakan di dalam kalimat agar lebih paham. Saudara tidak perlu menghafal semua isi kamus. Karena ini akan membuat kita stress.

 

BIMBEL BERBASIS PSIKOLOGI

Kami adalah BIMBEL yang mengajarkan putra-putri Anda, dengan JASA BIMBINGAN PRIVAT baik perorangan maupun kelompok (2-3 orang) untuk siswa sekolah tingkat Pra SD, SD, SMP dan SMA serta masyarakat umum.

Mata Pelajaran:
Matematika, IPA, IPS, B.Indonesia, B.Inggris, Fisika, Kimia, Ekonomi, Akuntansi, BTQ (Baca Tulis Al-Qurán), Bahasa Arab, BAK (Baca Kitab Arab) tanpa harokat.

Info Pendaftaran:
Jl. Bhima Sakti No.16 Malang
0341-5425754, 085755059965, 085790712648

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *