buka cabang bisnis,cara bisnis buka cabang,cabang bisnis,cabang bisnis online,cabang bisnis partner,buka cabang bisnis,cabang hukum bisnis,tips membuka cabang bisnis,cabang kegiatan bisnis,membuka cabang bisnis,membuka cabang bisnis,buka cabang bisnis,tips membuka cabang bisnis,cara membuka cabang bisnis,membuka cabang usaha baru,cara membuka cabang bisnis,cara buka cabang usaha baru,cara membuka cabang usaha,cara buka cabang usaha,cara cepat membuka cabang usaha,cara bisnis sukses,cara bisnis sukses dengan modal kecil,cara bisnis sukses tanpa modal,cara agar bisnis bisa sukses,cara bisnis agar sukses,bagaimana cara bisnis yang sukses,cara bisnis biar sukses,cara bisnis cepat sukses,cara bisnis cepat sukses dan kaya,gimana cara bisnis yg sukses,cara bisnis jadi sukses,cara agar bisnis kita sukses,cara bisnis sukses modal kecil,cara agar bisnis menjadi sukses,cara bisnis menuju sukses,cara bisnis supaya sukses,cara untuk sukses dalam bisnis,cara bisnis untuk mencapai sukses,cara bisnis dagang yg sukses,cara menjadi pebisnis yang sukses,cara menjalankan bisnis yg sukses,cara bisnis sukses 2016"Pak, dalam sebuah workshop saya ditantang untuk membuka 1000 cabang dalam setahun, bagaimana menurut pendapat Bapak?" tanya seorang coachee kepada saya.

"Bagus-bagus saja, asal berkualitas. Apa gunanya banyak cabang kalau hanya rombong/outletnya doang." Jawab saya, sambil membuka-buka website nelongso.com.

Sahabat, bisnis itu free cash, bukan hanya cash flow. Bisnis itu untuk dinikmati, bukan untuk gagah-gagahan. Bisnis itu untuk ibadah, bukan untuk dipamer-pamerkan.

Jadi cobalah Anda jujur, apa niat Anda ketika ingin memiliki cabang yang banyak? Ketika niat Anda salah, Anda dan bisnis Anda bisa binasa.

Sebelum Anda membuka cabang, pastikanlah jika bisnis Anda sehat (dalam hal keuangan, SDM, marketing, tata kelola, dsj), telah memiliki pola/model/sistem yang sudah teruji dan telah terbukti bertumbuh selama beberapa periode.

Jika kemampuan Anda baru level mengelola satu cabang, sebaiknya itu dimaksimalkan. Daripada bernafsu untuk membuka dua cabang, tapi malah berantakan.

Ibaratnya satu istri saja belum bisa mengurusi, kok sudah nekad mau poligami…hehe.

Salam STAR

askansetiabudi.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *